PosAja! menjadi upaya PT Pos Indonesia (Persero) meningkatkan kinerja dan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

Hal itu disampaikan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana, Minggu (18/6) dalam ajang The 11th Annual Jakarta Marketing Week (JMW) 2023.

Menurut Siti, PosAja menyediakan beberapa pilihan layanan kurir yakni Pos Same Day, Pos Next Day, Pos Reguler, dan Pos Ekspor yang sudah terintegrasi dengan berbagai marketplace melalui aplikasi PosAja! yang memudahkan pengiriman barang.

“Saat ini, PosAja bertransformasi secara signifikan. Kami terus berupaya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan bangsa, seperti pengembangan UMKM dan juga pemberdayaan wanita," kata Siti.

Tranformasi, sebutnya, dilakukan untuk mencapai performa terbaik, sekaligus memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang. 

Transformasi juga menjadi langkah strategis untuk mewujudkan komitmen menjadi penyelenggara layanan pos universal, jasa kurir, logistik, dan keuangan yang paling kompetitif di industri ini.

Sebagai bentuk dukungan pada pertumbuhan UMKM, lanjut Siti, PosAja menyediakan Fulfillment Center atau Pergudangan modern yang disebut dengan STORI untuk digunakan oleh UMKM.

Selain itu, bentuk wadah yang bisa disalurkan oleh PT Pos Indonesia adalah dengan kehadiran Pos Bloc yang merupakan sebuah pusat showcase produk lokal, mulai dari aneka kerajinan hingga  makanan dan minuman. Pos Bloc juga menjadi Community Hub dan Creativity Hub.

“Pos Bloc mendukung dan mempromosikan produk-produk lokal Indonesia, sekaligus menciptakan ruang bagi komunitas dan inovasi kreatif,” imbuhnya.

PosAja juga telah mengambil inisiatif dalam pemberdayaan perempuan. Inisiatif Pos Bloc, sebut Siti, telah memberikan wadah bagi perempuan Indonesia untuk berkarya.

“Dikarenakan lebih dari 64% pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan. Hal ini yang mendorong PosAja menghadirkan O-Mawar untuk pemberdayaan perempuan dalam berkarya menjadi seorang kurir,” lanjutnya.

O-Mawar ini merupakan program yang dihadirkan PosAja untuk mengajak para perempuan dalam membangun komunikasi, memperluas koneksi, menambah keahlian, kompetensi, dan wawasan saat berinteraksi dengan pelanggan.

Selain itu, O-Mawar bisa meningkatkan taraf hidup wanita untuk menopang kemandirian dan kesejahteraan keluarga. Tak terbatas bagi ibu rumah tangga, mahasiswi maupun lulusan SMK yang tidak terserap industri bisa tergabung dalam O-Mawar.

Dilansir dari Antara, dibentuk sejak Agustus 2021, layanan kurir ini telah melibatkan 1.700 perempuan dan tersebar di seluruh Indonesia per Juni 2022, dengann rentang usia 20-35 tahun. Adapun total keseluruhan kurir Pos Indonesia mencapai 43.000 orang. PT Pos menargetkan 10.000 kurir perempuan pada 2023.

 

*Sumber validnews.id