PosAja! terus mendekatkan Layanan Kurir dan Logistik kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Siti Choiriana, Direktur Bisnis Kurir & Logistik Pos Indonesia, menyatakan bahwa PosAja! selalu berupaya untuk mendukung para pelaku UMKM di Indonesia agar dapat meningkatkan kualitas usaha mereka.
Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan meningkatkan akses pasar ke seluruh penjuru Indonesia. Pelaku UMKM kini dapat memanfaatkan layanan kurir dan logistik PosAja! untuk mendistribusikan produk mereka baik di dalam maupun di luar negeri. Meskipun pada tahun 2021, terdapat 64,2 juta UMKM di Indonesia, hanya sejumlah kecil dari mereka yang telah memanfaatkan layanan digital untuk mendukung bisnis mereka. Padahal, penggunaan teknologi digital dapat berpotensi meningkatkan omset dan pangsa pasar mereka.
Upaya PosAja! bukan hanya untuk mendukung pelaku UMKM tetapi juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat umum tentang perubahan peran Pos Indonesia. Saat ini, Pos Indonesia telah mengalami transformasi menjadi perusahaan yang menyediakan berbagai layanan, termasuk jasa kurir, logistik, layanan keuangan, dana pensiun, dan sebagainya.
Dalam sektor bisnis kurir, Pos Indonesia memiliki aplikasi digital bernama PosAja! yang merupakan platform pengiriman berbasis digital. PosAja! menyediakan tiga jenis layanan kurir yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, yaitu Pos Sameday, Pos Nextday, Pos Reguler, dan Pos Ekspor. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat dengan mudah mengirim paket dan barang dari ponsel mereka tanpa harus berkunjung ke outlet fisik. Pemesanan dapat dilakukan dari mana saja, terutama di beberapa kota besar di Indonesia. Selain itu, PosAja! juga terintegrasi dengan beberapa platform e-commerce, memungkinkan pelanggan untuk berbelanja melalui aplikasi ini.
Ane, dalam keterangannya, menjelaskan bahwa saat ini terdapat sekitar 42.300 titik drop-off PosAja! di seluruh Indonesia, dengan jaringan Pos yang mencakup daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). PosAja! juga terhubung dengan jaringan Pos di 228 negara di seluruh dunia. Selain itu, terdapat 42 Kantor Cabang Utama, 168 Kantor Cabang, dan 4.308 Kantor Cabang Pembantu yang mendukung layanan PosAja!.
PosAja! juga menyediakan fasilitas fulfillment center Stori yang dapat membantu pelaku usaha dalam penyimpanan barang, pemenuhan pesanan, packaging, manajemen pengiriman, manajemen penjualan, dan konsolidasi ekspor. Fulfillment Center Stori saat ini telah hadir di 11 lokasi di seluruh Indonesia.
Ana menegaskan bahwa Pos Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi dalam membangun bangsa yang lebih kompetitif dan sejahtera. Visi Pos Indonesia adalah menjadi penyelenggara layanan pos universal, jasa kurir, logistik, dan keuangan yang paling kompetitif. Untuk mencapai tujuan dan visi tersebut, Pos Indonesia akan terus berusaha untuk memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, menyediakan layanan yang prima, menjalankan bisnis secara efisien, mengembangkan solusi teknologi informasi yang canggih, dan memiliki tenaga kerja yang handal.
sumber : https://bandungraya.inews.id/read/312918/posaja-terus-dekatkan-layanan-kurir-dan-logistik-pada-pelaku-umkm